RPP
MICROTEACHING
DISUSUN OLEH:
M NUR ANDRIYANTO
Nim: 080121036
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILM PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/2
Waktu : 1x15 Menit
Pertemuan ke- :
Materi pokok : Reproduksi
Sub materi pokok : Reproduksi seksual pada tumbuhan
Standar kompetensi 1.Siswa mampu menganalisis dan mengetahui reproduksi seksual pada tumbuhan
Kompetensi dasar 1.1 1Siswa mampu memahami dan menjelaskan reproduksi seksual pada tumbuhan
INDIKATOR
Ø Menjelaskan struktur reproduksi seksual pada tumbuhan
Ø Menjelaskan proses reproduksi seksual pada tumbuhan
TUJUAN
Ø Siswa mampu Menjelaskan struktur reproduksi seksual pada tumbuhan
Ø Siswa mampu Menjelaskan proses reproduksi seksual pada tumbuhan
Materi Pokok dan Uraian materi
ü Materi pokok :Reproduksi
ü Uraian materi :Struktur dan cara reproduksi seksual
Organ yang berfungsi untuk reproduksi dikenal dengan sebutan konus/strobilus. Di dalam konus jantan banyak antheridium mengandung sel-sel induk butir serbuk. Masing-masing sel butir serbuk membelah (secara meiosis) menghasilkan 4 butir serbuk bersayap. Pada konus betina : Terdapat banyak archegonium. Mengandung satu sel induk lembaga. Membelah secara meiosis. Menghasilkan 4 sel haploid (3 mati dan sel telur).
Proses Penyerbukan dan Pembuahan
Pada bunga terdapat serbuk sari kemudian jatuh pada tetes penyerbukan (ujung putik) lalu menuju buluh serbuk kemudian membelah menuju inti tabung dan inti spermatogen pada inti spermatogen akan membelah menjadi dua inti sperma kemudian membuahi sel telur di dalam ruang arkegonium menjadi zigot maka terbentuk lembaga di dalam biji lalu menjadi tumbuhan baru.
Pada bunga terdapat serbuk sari kemudian jatuh pada tetes penyerbukan (ujung putik) lalu menuju buluh serbuk kemudian membelah menuju inti tabung dan inti spermatogen pada inti spermatogen akan membelah menjadi dua inti sperma kemudian membuahi sel telur di dalam ruang arkegonium menjadi zigot maka terbentuk lembaga di dalam biji lalu menjadi tumbuhan baru.
Perkembangbiakan secara Seksual dapat dibedakan sbb:
1. Isogami
2. Anisogami
3. Oogami
4. Gametangiogami
5. Somatogami
6. Spermatisasi
STRATEGI PEMBELAJARAN
Ø Model : word square
Ø Pendekatan : Keterampilan Proses
Ø Metode
a) Ceramah d. Demonstrasi
b) Tanya jawab
c) Diskusi/persentasi
Langkah – langkah pembelajaran
NO | Skenario pembelajaran | Alokasi waktu |
1 | Kegiatan awal / pembuka · Guru mengucapkan salam pembuka, memberikan apersepsi. Guru bertanya kepada siswa “Dirumah kalian pasti mempunyai tanaman, tanaman apa saja? Coba sebutkan? Untuk mempertahankan dan melestarikan keturunan menggunakan cara apa? Reproduksi yang terjadi dengan peleburan 2 sel disebut apa? ”Reproduksi seksual pada tanaman” (1 Menit) · Guru menyebutkan topik materi dan indikator yang ingin dicapai.(1 Menit) | 2 menit |
2 | Kegiatan inti v Guru menjelaskan/menyampaikan materi yang dibahas sesuai dengan indikator.(1 Menit) v Guru mendemonstrasikan tentang struktur/bagian bunga dan proses penyerbukannya (3 menit) v melihat sedikit cuplikan video tentang reproduksi seksual (2 menit) v Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok secara heterogen.(1 menit) v Guru memberi LKPD, lalu siswa saling bekerjasama untuk menemukan jawaban tentang word square. Setelah selesai berdiskusi masing – masing perwakilan kelompok mengarsir hasil diskusi didepan kelas. (3 menit) | 10 Menit |
3 | Kegitan penutup v Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, jika belum jelas.(1 menit) v Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan dan guru memperkuat kesimpulan (1 Menit) v Guru memberikan post test(1 Menit). v Aplikasi “Bapak berpesan jaga dan rawatlah tanaman dan bunga disekitar kalian karena banyak manfaatnya, Lingkungan akan terlihat indah apabila terdapat tanaman dan bunga yang terawat v Penugasan untuk siswa “ kalian buat resum tentang angiospermae dan gymnospermae tulis tangan minimal 2 lembar v Penutup | 3 Menit |
MEDIA PEMBELAJARAN
Ø Papan tulis
Ø Buku paket SMA Kelas XI
Ø LCD/Laptop/video
Ø Macam-macam bunga
SUMBER PEMBELAJARAN
1. Drs.Rusdi.dkk.biologi kelas 3 Jilid 3 SMP kurikulum 1994. Seribu pena, PT Erlangga (hal:16-21)
2. TIM Kreatif, kelas Xa SMA Kurikulum 2004 . Viva Pakarindo
3. Drs.Istamar syamsuri,dkk.Biologi SMA untuk semester 2 KTSP:Jakarta.PT.Erlangga(hal:191-196)
EVALUASI
KOGNITIF
v Sebutkan bagian-bagian struktur penyusun reproduksi? C1
v Sebutkan bagian-bagian reproduksi generatif? C1
v Jelaskan cara reproduksi generatif? C2
v Asal serbuk sari dibedakan menjadi berapa, sebutkan? C2
v Karena faktor apa saja serbuk sari sampai tujuan? C2
Skor 1 – 5 Skor Max : Skor Maksimum X 100 Skor yang di peroleh |
SKOR PENILAIAN
1) Jelek (40-55)
2) Cukup (56-71)
3) Baik (72-87)
4) Amat baik (88-100)
Ø PSIKOMOTOR
Aspek yang dinilai
No | Indikator | Skor |
1 | Kemampuan siswa dalam menanggapi Guru saat berdemonstrasi | 25 |
2 | Kemampuan siswa dalam memahami video mengenai reproduksi dari bunga. | 25 |
3 | kecepatan dan ketepatan siswa dalam menemukan jawaban pada teka-teki silang (word square). | 25 |
4 | Kemampuan siswa dalam mempersentasikan hasil diskusi di depan kelas. | 25 |
5 | Keberanian Siswa dalam bertanya, menjawab dan menyimpulkan | 25 |
Skor 1 – 5 Skor Max : Skor Maksimum X 100 Skor yang di peroleh |
SKOR PENILAIAN
1) Jelek (40-55)
2) Cukup (56-71)
3) Baik (72-87)
4) Amat baik (88-100)
AFEKTIF
Aspek yang dinilai
v Keaktifan dan sikap siswa selama mengikuti proses demonstrasi yang di lakukan guru pada siswa.
v Sikap siswa pada saat mengemukakan pendapatnya atau menjelaskan pendapatnya (mempertahankan pendapatnya).
v Keaktifan siswa dalam mencari jawaban pada saat kuis,dengan ketepatan dan kecepatannya dalam menemukan jawaban pada word square yang telah disediakan.
v Sikap siswa pada saat diadakan kuis,yang diharapkan untuk tidak membantu temannya yang sedang menjawab pertanyaan atau kuis yang diberikan dengan tujuan agar,siswa menjawab pertanyaan kuis dengan kemampuannya masing – masin,hal ini akan membantu guru untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman masing – masing siswa mengenai materi ajar yang disampaikan.
SKOR PENILAIAN
Skor 1 – 5 Skor Max : Skor Maksimum X 100 Skor yang di peroleh |
1) Jelek (40-55)
2) Cukup (56-71)
3) Baik (72-87)
4) Amat baik (88-100)
Skor Keseluruhan
P + A +K 3 |
PETA KONSEP
|
|
| |||||||||||||||||||||||||||
| |||||||||||||||||||||||||||
|
| ||||||||||||||||||||||||||
ANALISIS INTRUKSIONAL
| |||||||||||||||
LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )
v Kelompok Putik
v Tujuan : Siswa mampu berkompetensi dalam menjawab soal wod square
SOAL WORD SQUARE
1. Dua gamet yang sama bentuknya yaitu….
2. Organ yang berfungsi untuk reproduksi dikenal dengan sebutan ….
3. Apa nama alat kelamin betina…
4. Keping lembaga disebut juga…
5. Sel induk (2n) di bakal buah membelah secara meiosis menjadi 4 sel apa….
M | I | P | Q | V | T | R | Y | T |
H | S | U | W | B | M | G | K | E |
K | O | T | I | L | E | D | O | N |
D | G | I | D | M | G | H | L | S |
E | A | K | L | N | A | F | P | D |
R | M | G | K | H | S | D | R | F |
T | I | H | B | T | P | S | W | L |
Y | D | J | F | K | O | N | U | S |
U | F | I | E | Y | R | X | Q | K |
P | V | Y | Z | E | A | Z | F | M |
Jawaban
1. Isogami
2. Konus
3. Putik
4. Kotiledon
5. Megaspora
LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik )
v Kelompok Benangsari
v Tujuan : Siswa mampu berkompetensi dalam menjawab soal wod square
SOAL WORD SQUARE
1. Reproduksi seksual disebut juga reproduksi….
2. Kepala putik disebut….
3. Apa nama alat kelamin jantan…
4. peleburan dua sel hifa yang tidak berdiferensiasi.Inti sel berpasangan,kemudian terbentuk hifa diploid yang selanjutnya akan dibentuk askospora yaitu…
5. Semua sel telur dalam arkegonium mungkin dibuahi, tetapi hanya 1 Zigot yang berkembang menjadi….
S | D | R | T | Y | O | L | N | K | F |
C | T | E | M | B | R | I | O | U | K |
V | A | Z | G | H | N | A | M | P | M |
G | S | X | E | J | O | S | A | S | N |
F | W | Y | N | K | L | U | T | Z | G |
Y | R | J | E | L | I | K | O | X | S |
I | T | L | R | W | E | Y | G | P | T |
B | E | N | A | N | G | S | A | R | I |
Z | C | K | T | B | A | O | M | C | G |
C | V | M | I | G | J | W | I | N | M |
X | H | N | F | H | V | R | L | M | A |
Jawaban
1. Generatif
2. Stigma
3. Benangsari
4. Somatogami
5. Embrio
SOAL POST TEST
1. Perkembangbiakan secara seksual dibedakan menjadi berapa? Sebutkan?
2. Pada tanaman jantan dan betina terdapat apa?
3. Apa yang disebut Konus ?
Gambar Struktur bunga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar